PENGERTIAN INOVASI


Masyarakat yang sedang membangun berkepentingan dengan inovasi, yakni penemuan-penemuan baru baik itu berupa gagasan (ide-ide), tindakan (metodologi) atau peralatan baru (teknologi). Inovasi merupakan salah satu faktor pelancar terjadinya perubahan sosial, yang merupakan inti dari pembangunan masyarakat.

Coba perhatikan jika kepada masyarakat desa diperkenalkan bibit padi unggul yang disertai dengan panca usaha tani, segera akan terlihat perubahan-perubahan di sana. Produksi petani akan meningkat, dan meningkat pula konsumsinya. Aspirasinya terhadap hiburan akan meningkat dan mungkin perubahan akan gaya hidup meningkat pula dan sebagainya.

Begitu pula  jika diperkenalkan ide-ide keluarga berencana kepada suatu masyrakat, akan terjadi perubahan-perubahan dalam sistem kehidupan bermasyarakat, baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat secara keseluruhan. Bagi yang menerima barangkali akan lebih sejahtera kehidupannya sedangkan yang menolak tidak ikut keluarga berencana, barangkali akan mengalami kerepotan-kerepotan di sana-sini.

Traktor tangan siap menggantikan Bajak

Traktor tangan siap menggantikan Bajak

Bibit padi unggul dan keluarga berencana adalah inovasi. Di abad kemajuan pengetahuan dan teknologi seperti sekarang ini, penciptaan inovasi bukan lagi suatu yang langka. Hampir setiap saat muncul penemuan-penemuan baru dan dapat dikatakan berlimpah ruah. Yang satu belum sempat diadopsi oleh masyarakat disusul oleh penemuan lain yang akan menggantikannya. Apa yang di maksud baru di sini tidaklah selalu yang bersifat mutakhir. Boleh jadi sesuatu itu sudah lama diciptakan atau di temukan, akan tetapi pada masyarakat tertentu mungkin saja ide atau gagasan itu memang baru datang, maka bagi masyarakat bersangkutan hal yang demikian adalah sebuah inovasi.

Namun demikian masih juga orang lebih giat menggali dan mengembangkan sesuatu yang lebih baru dan lebih canggih. Usaha penggalian dan penemuan segala macam inovasi tentunya diharapkan untuk dapat merubah kehidupan dan meperbaruinya kearah yang lebih baik,  enak dan menyenangkan.

Perlu disadari penemuan-penemuan baru, bagaimanapun hebatnya  , tidak banyak artinya dan tidak akan merubah apa-apa jika tidak tersebar penggunaannya kesebagian besar anggota masyarakat, jika masih saja tetap tersimpan dalam file atau gudang-gudang penemunya.

Menyebarkan inovasi ke masyarakat itu sangat penting bahkan sebagai kewajiban pelaku pembangunan. Akan tetapi ternyata tidak semudah selancar menciptakannya walaupun kadang-kadang banyak juga gagasan, tindakan atau barang baru yang tidak terbendung lagi penyebarannya.

Ada ide baru yang tidak sempat keluar dari pabriknya atau penggagas, ada pula yang telah dikenal dan diadopsi masyarakat tapi tidak dapat bertahan lama. Memang sangat sayang terlalu cepat kadaluarsanya. Jika kita cermat mengamati penyebaran ide-ide baru itu dapat digambarkan dari semua ide baru yang diadopsi oleh masyarakat, sebagian besar tidak berkelanjutan dan sebagian kecilnya saja yang mampu dipertahankan. Ini menunjukkan mengkomunikasikan sebuah inovasi itu hingga diterima dan diadopsi oleh orang lain secara memuaskan, ternyata bukan suatu hal yang mudah dan sederhana, melainkan serba rumit. Inilah salah satu pokok persoalan yang perlu mendapat perhatian bagi yang berkepentingan dengan inovasi.

Seorang yang bertugas membangun masyarakat atau yang merasa ikut bertanggung jawab terhadap sistem sosialnya tentu berkeinginan usahanya berhasil. Yakni ide-ide atau gagasan pembaruan yang dibawanya dapat tersebar, diterima oleh anggota masyarakat dan digunakan secara betul, sehingga mendatangkan perubahan kearah yang lebih baik dan maju.

Namun kenyataan menunjukkan tidak sedikit usaha-usaha pembangunan, usaha untuk melakukan perbaikan, usaha penyebaran inovasi tersebut gagal dan kandas di tengah jalan. Inovasi itu tidak berhasil disebarkan, ditolak atau diterima tapi salah penggunaanya. Misalnya sepeda motor tidak digunakan untu kelancaran transportasi tetapi untuk kebut-kebutan dan modifikasi. Alat kontrasepsi semulanya untuk mencegah kehamilan dalam program keluarga berencana,  telah digunakan untuk kepentingan berbuatan berzina. Kalau seperti itu artinya adalah untuk mengenyam kesenangan sementara, sehingga akhirnya yang dihasilkan adalah korban-korban berjatuhan. Memang tidak dapat disangkal, bahwa perubahan terjadi tapi menuju kehancuran dan menuai bencana.

Salah satu bekal yang berguna bagi usaha memasyarakatkan sebuah inovasi adalah pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana inovasi itu jika tersebar ke dalam sistem sosial dan pengaruhnya terhadap berbagai sektor kehidupan.

Transformasi energi matahari

Berkonsentrasi tenaga panas matahari Techno Park surya (CSP) sistem menggunakan konfigurasi yang sama dengan sistem HyperHelios, terlihat di sini dari tanah di bawah. Heliostats mengumpulkan energi matahari dan menyalurkannya ke penerima di bagian atas sebuah menara 20 meter

Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam proses itu ?

Sudah jelas, bahwa inovasi beredar di dalam masyarakat. Masyarakat sebagai sistem sosial terdiri dari komponen-komponen, yang satu komponen saling berkaitan dengan komponen lainya untuk mewujudkan suatu tujuan yang harmonis. Setiap komponen memainkan peran dengan beraneka ragam fungsi tertentu, sehingga menghasilkan gerakan atau proses dalam keseluruhan sistem. Dalam proses difusi yakni penyebaran inovasi kedalam suatu sistem sosial atau masyarakat, bagaimanakah komponen-komponen sistem itu dan saling berinteraksi ?

Secara berturut-turut komponen sistem sosial yang punya peranan penting dalam proses penyebaran inovasi adalah (1) anggota sistem sosial yang akan menerima inovasi  (2) agen pembaru yang membawa ide (3) tokoh masyrakat yang yang menjadi sumber keputusan pengadopsiaan inovasi (4) saluran atau sistem komuniasi yang digunakan dalam proses sosialisasi. Semuanya diperlukan juga analisis tersendiri tentang keempat komponen sistem sosial tersebut.

Untuk sementara demikian saja dilain waktu dan kesempatan dapat  disambung lagi. Wassalam.

Lubuk Buaya, Oktober 09

About these ads

Perihal Jalius. HR
[slideshow id=3386706919809935387&w=160&h=150] Rumahku dan anakku [slideshow id=3098476543665295876&w=400&h=350]

5 Responses to PENGERTIAN INOVASI

  1. cobaberbagi mengatakan:

    salam kenal pak
    kalo adopsi dari temuan orang terus dimodifikasi bisa dikatakan inovatif nggak pak??

    • Jalius HR mengatakan:

      ———————-
      الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
      ————————-
      Terima kasih atas kunjungan anda, semoga kedepan kita selalu di rahmati Allah swt.
      Sebuah temuan diadopsi adalah sebuah inovasi, terus karena suatu hal atau untuk kepentingan tertentu kita modifikasi, maka modifikasinya juga sebuah “Inovasi”.

      Wassalam.

  2. Ping-balik: DIFUSI INOVASI SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN | sitiativa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.