Membantu Orang Tua


"Membantu orang Tua"

http://4.bp.blogspot.com/_SmopIfhkgMo

Terima kasih, gambar yang menarik, gambar ini menyampaikan pesan pendidikan yang sangat bagus. Kegiatan serupa berlasung di seluruh belahan bumi ini. Seorang anak membantu orang tua, kegiatan anak seperti itu   sangat berharga untuk kehidupan. Sianak bukan hanya sekedar membantu meringankan beban kerja orang tua, akan tetapi lebih dari pada itu. Itulah pendidikan yang sesungguhnya. Pendidikan ini termasuk kelompok yang diberi istilah pendidikan informal atau yakni pendidikan dalam keluarga. Anak belajar lansung kepada atau dengan proses kehidupanya sendiri. Dengan kerja seperti itu sang anak akan memperoleh banyak pengetahuan dan keterampilan. Anak sekaligus belajar memecahkan masalah. Anak akan tahu salah satu bagian dari sistem ekonomi.

Anak belajar dengan apa yang ia kerjakan ( learning by doing ). Itulah Pendidikan Luar Sekolah ( P L S ) . Produk dari proses pendidikan yang seperti ini adalah mereka memiliki kemampuan menghadapi kehidupan ini dalam berbagai kondisi, seperti menghadapi krisis moneter. Dalam hal ini banyak sekali pakar pendidikan yang salah pandang dan juga salah analisa. Mereka sering mengatakan bahwa mereka bekerja masih dalam usia sekolah, mempekerjakan anak, dan lain sebagainya. Sekaitan dengan persoalan seperti ini banyak pakar memberikan celaan kepada anak yang seperti ini dengan pemikiaran  logis tapi tidak realistis. Lebih lagi para ahli atau pihak yang “merasa” betanggung jawab dengan dunia pendidikan anak memandang hal yang seperti itu dengan sebelah mata. Mereka  beranggapan bahwa pendidikan itu hanya di sekolah saja. Lebih ironis lagi adalah dibuat undang-undang wajib belajar (masuk sekolah) tetapi pelayanan tidak diberikan untuk semua. Pendidikan diberikan dengan memisahkan anak dari lingkungan dan kehidupannya. Bayangkan dampak dari pemikiran yang seperti itu, hampir semua sarjana menggantungkan harapan lapangan pekerjaan kepada pemerintah atau perusahaan swasta. Karena mereka tidak mampu berfikir dan bekerja bila sudah kembali ke masyarakatnya.

Berkaitan dengan persoalan  tersebut saya kutipkan berita harian nasional Republika, Jumat 5 maret 2010 sebagai berikut; “Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) , Muhaimin Iskandar menyebutkan hingga kini terdapat hampir 12 juta lulusan perguruan tinggi tingkat S1 menganggur atau tidak memiliki pekerjaan. Hal itu disebabkan orientasi pengembangan pendidikan nasional yang tidak sejalan dengan perkembangan ketenagakerjaan Indonesia.”

Saya mengingatkan kepada kita semua,  kita jangan bersikap hipokrit dalam mengelola pendididkan. Dalam kehidupan manusia ini banyak sekali sistem yang harus dijalankan agar kehidupan itu dapat berjalan dengan harmonis. Bila sebagian  sistem kita abaikan dan terlalu fokus pada  bagian sistem  tertentu, maka akan terjadi ketidak seimbangan. Akan  terjadi ketimpangan. Para sosiolog memberikan istilah sebagai cultural lag. Banyak di atara sektor kehidupan ini yang tidak atau belum digarap dengan serius, artinya pendidikan kita belum diarahkan untuk itu. Sementara sektor tertentu pengelolaan pendidikan untuk itu telah melebihi dari sewajarnya. Allah sudah mengingatkan kepada umat manusia jangan sebagian kitab kamu sembunyikan dan sebagian yang lain kamu sampaikan kepada manusia. Maksudnya adalah  jangan kita hanya memilih mana yang kita sukai saja, tetapi jatuhkanlah pilihan  pada apa yang berguna untuk kehidupan ini. Kerah putih dan kerah hitam sama pentingnya. Hanya saja kita salah perlakuan terhadapnya. Sadar kita atau tidak, masing-masingnya ada pengampunya.

Oleh sebab itu pendidikan yang baik itu di antara tujuan utamanya  adalah meningkatan pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja pada semua sektor kehidupan pada semua level kemampuan.

Wassalam

Padang   –    Indonesia

About these ads

Perihal Jalius. HR
[slideshow id=3386706919809935387&w=160&h=150] Rumahku dan anakku [slideshow id=3098476543665295876&w=400&h=350]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.