Gempa Bumi (Teori lama yang terlupakan)


Sepeda Motor Faktor Pemicunya

Sekilas tentang teori baru.

Teori Tektonik Lempeng (bahasa Inggris: Plate Tectonics) adalah teori dalam bidang geologi yang dikembangkan untuk memberi penjelasan terhadap adanya bukti-bukti pergerakan skala besar yang dilakukan oleh litosfer bumi. Teori ini telah mencakup dan juga menggantikan Teori Continental Drift yang lebih dahulu dikemukakan pada paruh pertama abad ke-20 dan konsep seafloor spreading yang dikembangkan pada tahun 1960-an.

Gambar ilustrasi

Bagian terluar dari interior bumi terbentuk dari dua lapisan. Di bagian atas terdapat litosfer yang terdiri atas kerak dan bagian teratas mantel bumi yang kaku dan padat. Di bawah lapisan litosfer terdapat astenosfer yang berbentuk padat tetapi bisa mengalir seperti cairan dengan sangat lambat dan dalam skala waktu geologis yang sangat lama karena viskositas dan kekuatan geser (shear strength) yang rendah. Lebih dalam lagi, bagian mantel di bawah astenosfer sifatnya menjadi lebih kaku lagi. Penyebabnya bukanlah suhu yang lebih dingin, melainkan tekanan yang tinggi.

Lapisan litosfer dibagi menjadi lempeng-lempeng tektonik (tectonic plates). Di bumi, terdapat tujuh lempeng utama dan banyak lempeng-lempeng yang lebih kecil. Lempeng-lempeng litosfer ini menumpang di atas astenosfer. Mereka bergerak relatif satu dengan yang lainnya di batas-batas lempeng, baik divergen (menjauh), konvergen (bertumbukan), ataupun transform (menyamping). Gempa bumi, aktivitas vulkanik, pembentukan gunung, dan pembentukan palung samudera semuanya umumnya terjadi di daerah sepanjang batas lempeng. Pergerakan lateral lempeng lazimnya berkecepatan50-100mm/a.
Sumber: http://img41.imageshack.us/i/350pxtecton…http://img41.imageshack.us/i/350pxtectonicplate

Mengenang Kembali Teori lama.

Yang saya maksud dengan teori lama dalam tulisan ini adalah sebuah teori yang terdapat dalam Al-Quran, tepatnya dalam surat Az-Zalzalah ayat 1 dan 2 ;

……..”Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,  dan (karena) bumi telah mengeluarkan  kandungannya.”…….

Pada ayat pertama Allah memberitahukan bahwa bumi diguncang dengan guncangan yang dahsyat. Guncangan bumi biasanya kita kenal dengan nama gempa bumi. Ayat berikutnya yakni ayat kedua menjelaskan penyebabnya adalah karena bumi telah mengeluarkan kandungannya.

Berdasarkan data yang ada baik berdasarkan studi literatur maupun pengamatan dilapangan dapat dikemukakan fakta sebagai berikut;

Pertama, setiap hari penulis memperhatikan banyak sekali sepeda motor (semua kendaraan bermotor) yang berseliweran di darat laut dan udara.    Semua kendaran tersebut  mengkonsumsi bahan bakar minyak bumi. Jumlah kendaraan bermotor tersebut di seluruh dunia penulis memmang tidak tahu. Tapi penulis yakin bahwa jumlahnya sangat banyak, juaan barangkali.

Yang terlibat mengkonsumsi minyak bumi bukan saja kendaraan bermotor saja, akan tetapi pabrik bermotor juga. Namun jumlahnya penulis juga tidak tahu. Tapi penulis berkeyakinan di seluruh dunia jumlahnya mungkin juga jutaan.

Berapa jumlah kendaraan bermotor dan pabrik bermortor mungkin untuk sementara dapat saja kita abaikan. Namun jumlah bahan bakar minyak yang dikonsumsinya sangat penting untuk diperhatikan dan dijadikan sebagai alat analisa.

Berdasarkan data produksi minyak OPEC pada tahun 2006 saja diperoleh angka lebih 25 juta barel minyak di sedot setiap hari dari perut bumi. Angka tersebut belum termasuk jumlah minyak yang disedot oleh negara yang tidak termasuk anggota OPEC. Bayangkan saja 1 barel setara dengan 159 liter. Jika kita coba-coba mengkalkulasikannya 25.000.000. x  159 liter =  3.775.000.000. liter atau setara dengan 3.775.000. meterkubik. Pembaca dapat mengira, berapa  mk perbulan  dan berapa mk pertahun ?

Itulah  salah satu poin dari pengeluaran isi kandungan perut bumi.

Kedua. Kita dapat juga menambahkan satu poin lagi yang tidak kalah hebatnya pengeluaran kandungan perut bumi, yakni material atau gas yang keluar dari gunung berapi. Berapa banyak jumah gunung berapi di seluruh dunia ? Berapa jumlah volume material yang keluar tiap bulan atau tahun ?

Setelah kandungan perut bumi keluar, pasti ada bagian bumi yang berongga, makanya bumi itu pada bagian tertentu begerak, atau mengerut, sehingga terjadi bumi bergoyang dengan goncangan yang dahsyat, yang disebut dengan gempa.  Menurut fisika berlaku teori fluida. Boleh jadi apa yang di lansir oleh teori baru yakni pada saat bumi bergoncang  terjadilah pergeseran lempengan atau lapisan bumi. Getarannya ada yang bersifat vertikan dan ada yang horizontal. Dalam ayat berikutnya Allah mengabarkan kepada kita, bawa yang demikian itu adalah perintahNya. Al-Quran surat  Az-Zalzalah ayat 5 ;

…… karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu)   kepadanya ….

Mengebor minyak mentah

Teori ini bagaikan kita memakai pasta gigi.

Bila tabung pasta gigi itu kosong bagian kepalanya maka kita aka memencet bagian belakangnya, agar berisi kembali. Seharusnya menurut logika sederhana rongga minyak yang telah disedot itu dapat saja digantikan oleh air atau tanah amruk. Tapi Allah yang Maha pengatur segala urusan, Maha pengasih lagi Maha Penyayang. Makanya dengan adanya gempa tersebut ladang minyak yang  mungkin akan kering dapat berisi kembali. Sehingga sampai saat ini masih saja  minyak bumi berproduksi untuk kita konsumsi.  Seperti gempa besar di Sumatera Barat,  minyaknya mencurat di daerah Riau. Tentu ada berkahnya kan ?

Namun disamping itu banyak daerah tang dilanda gempa tidak tidak terjadi kerusakan apa-apa. Tapi ada daerah tertentu yang dilanda gempa menimbulkan kerukan yang tidak diduga. Persoalan ini ada juga kaitannya dengan ketentuan Allah dalam hal memberikan azab yang pedih bagi manusia yang tidak mau beriman.

Mukin saja semakin banyak motor semakin sering terjadi gempa atau semakin kuat getarannya ( semakin tinggi SR nya ). Semoga kita bersiap-siap dengan semua resiko. Allahu’alam bisawab.

Selamat  berargumentasi,  semoga ada  manfaatnya untuk pengembangan pemikiran.

Bagus juga dibaca  :   1.  ” Gempa di Spanyol karena air tanah di sedot  “

                                           2.  ” Produksi Minyak OPEC Dipertahankan 30 Juta Barel per Hari”  (keadaan Mei  2013)

Wassalam

Jalius HR

Iklan

Perihal Jalius. HR
[slideshow id=3386706919809935387&w=160&h=150] Rumahku dan anakku [slideshow id=3098476543665295876&w=400&h=350]

8 Responses to Gempa Bumi (Teori lama yang terlupakan)

  1. subhanallah, saya baru tahu teori tersebut. benar saja hemat pangkal selamat.he..he..

    • Jalius HR says:

      Terma kasih atas kunjungan mbak Siska, semoga kita bisa saling berbagi dalam pemahaman. Saya sangat mengharapkan massukan dari mbak Siska
      terutama tentang kebahasaan dan juga tentang sisitem logikanya.
      Mbak siska dapat ol dengan ssya melalui YM, bgusanya pukuk 21.00 – 24.00

      wassalam
      Jalius.HR
      di Lubuk Buaya Padang.

  2. cita says:

    info yg sangat mencengangkan bagi saya,

  3. yeyen says:

    ternyata gempa merupakan wujud cinta Allah swt kepada manusia,tapi kenapa ya pak manusia sulit untuk bersyukur?

    • jalius says:

      Betul juga yeyen. Di Kota Padang banyak bangunan yang rusak akibat gempa tahun 2009 yang lalu. Sekarang saja (2011) sudah banyak bangunan penggantinya yang dibangun bagus kwalitasnya. Kalau tidak ada gempa, entah kapan mau diperbaharui. Jalan juga diperbaiki atau dikeraskan dengan puing bangunan, juga penimbun daerah yang masih rawa. Lapangan pekerjaan juga terbuka di sektor bangunan dan penyediaan bahan bangunan. Banyak lagi yang lain.

  4. Didik Ternando says:

    subhanallah……..semua nya sudah ada dalam alquran ya pak bahwa telah terjadi kerusakan di muka bumi itu karena ulah tangan manusia juga..kalau begitu lebih baik kita pakai sepeda saja pak..

    • jalius says:

      Ya memang. Usulan didik pakai sepeda saja boleh juga. Tapi ingat hampir semua pekerjaan manusia itu mendatangkan kerusakan. Misalnya saja didik memasak (nasi).Didik harus merusak beras. Didik mau membangun rumah, didik harus merusak tanah dan tumbuhan yang ada di lokasi bangunan. Didik mau pakai sepeda tetap saja kita akan merusak lingkungan untuk membuat jalan untuk sepeda.
      Tetap juga akan erusak lingkunan untuk menambang biji besi untuk bahan bakunya.Dst,
      Makanya, dalam memahami ayat Al Quran tentang …”telah terjadi kerusakan di darat dan di lautan”…. jangan serta merta penilaian kita (- atau jelek). Kalau manusia tidak merusak alam berarti manusia sudah mati semua. Sungguh tidak masuk akal manusia hidup tampa merusak alam…….Semoga menjadi bahan berfikir bagi semua…

      Wassalam, Jalius

  5. didiq01 says:

    terima kasih pak penjelasannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s