Global Warming VS Cuaca ekstrim


          Salah satu isu yang berkembang secara tendensius dewasa ini adalah tentang pemanasan global (global warming). Banyak para ahli (ilmuan) merasa cemas. Karena kecemasan tersebut mereka kasak-kusuk kesana-kemari berseminar untuk berdiskusi. Mereka berharap dampaknya dapat diminimalisir dengan jalan mencegah factor penyebabnya.
          Salah satu akibat dari pemanasan global tersebut yang mereka cemaskan  adalah mencairnya lapisan es di kutub utara dan selatan bumi.  Lapisan es yang mencair tersebut menimbulkan kenaikan permukaan air laut. Ini juga mereka buktikan dengan adanya beberapa pulau kecil-kecil yang tenggelam dan berkurang luasnya. Dahsyatnya abrasi di berbagai pantai juga sebagai argumentasi mereka.
          Sungguhpun demikian sampai saat ini  kita harus tetap  menyangsikan pemanasan global tersebut. Ada berbagai kejanggalan yang tidak disadari oleh banyak orang. Kejanggalan tersebut menyangkut fakta-fakta pendukung isu yang mereka usung.
           Sampai pertengahan Februari 2012 ini, di berbagai belahan bumi  sedang dilanda musim dingin ekstrim. Kita disuguhi berita setiap harinya tentang Eropa dilanda cuaca ektrim. Dingin terus mencengkeram Eropa, begitu salah satu judul surat kabar terkemuka   yaitu El PAIS.com di Spanyol  pada tanggal 11 Februari 2012. Disamping itu juga pada bagian lain harian yang sama meurunkan berita yang cukup mencengangkan banyak warga Eropa, yakni  Danube, benar-benar beku untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir.
            Padahal issu pemanasan global tidak henti-hentinya disuarakan oleh negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Tentu saja ada pertanyaan yang perlu dimajukan ” kenapa cuaca ekstrim tidak berkurang dari tahun ke tahun ? Mungkinkah ada hubungan issu pemanasan global dengan upaya mereka menekan pertumbuhan industri negara-negara yang sedang membangun ? Dewasa ini kita tahu bahwa Amerika serikat dan Eropa sedang mengalami krisis ekonomi. Krisis tersebut tentu saja disebabkan ada pesaing di pasar Internasional terutama dengan Cina dan India serta banyak negara lain Asia yang semakin meningkat pertumbuhan ekonominya. Sekarang kita menyaksikan banyak gejala yang membuktikan bahwa pemenasan global hanya retorika saja. Ingat ada tiga gunung di daerah khatulistiwa masih diselimuti salju abadi, Musim dingin yang berkelebihan sislih berganti menerpa daerah Eropa, Asia dan Amerika sislih berganti. sementara gunung  es di Kutub utara dan Selatan bumi masih kokoh apakah mungkin telah mencair ?

Saksi Bisu yang telah Tua

Lihat dari Coliseum Romawi setelah hujan salju di hari awal. / Ettore Ferrari (Reuters)

Danube ditutupi dengan lapisan tebal es yang menghambat navigasi dengan 90% dari jalur air komersial utama di Eropa. Dari Hungaria ke Laut Hitam, melalui Kroasia, Serbia dan Bulgaria, navigasi harus ditunda, dan bahwa lebih dari 90% dari permukaan sungai ditutupi dengan es mengambang. Di beberapa daerah, ada lapisan yang mencapai dua meter, sedangkan ketinggian air lebih dari lima meter di tempat lain.

Danube jadi beku

Sebuah perahu dikelilingi oleh es biru dekat Calarasi, Rumania. VADIM GHIRDA (AP)

Kapal pemecah es terbesar Hungaria, Szechenyi, 40 kaki panjangnya, melintasi perairan beku Danube dalam perjalanannya melalui Parlemen di Budapest.  PETER KOHALMI (AFP)

Cuaca ektrim yang dapat kita saksikan di awal tahun 2014 adalah “Warga Amerika Serikat menghadapi suhu terdingin sepanjang sejara“. Pemerintah Amerika Serikat, Sabtu (4/1/2014), memperingatkan warganya untuk tetap tinggal di dalam rumah dan menyiapkan persediaan makanan setelah hembusan angin dingin menewaskan sedikitnya 11 orang. “Suhu diperkirakan anjlok antara -10 hingga -15 derajat Celcius di negara-negara bagian wilayah utara-tengah,” demikian prediksi Badan Cuaca Nasional Amerika serikat.

Mari kita saksikan   “Global Warming  VS  Cuaca Ektrim mana yang akan menang”  ?

Iklan

Perihal Jalius. HR
[slideshow id=3386706919809935387&w=160&h=150] Rumahku dan anakku [slideshow id=3098476543665295876&w=400&h=350]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s