Definisi Itu Penting


      Jika kita ingin menjelaskan sesuatu kepada khalayak atau seseorang, maka argumen yang akan disampaikan harus jelas dan tegas. Untuk kepentingan itu salah satu hal yang penting diperhatikan adalah definisi  dari subjek yang akan disampaikan atau bahas.

        Mungkin benar bahwa mendefinisikan istilah-istilah dan konsep-konsep kunci penting untuk menghasilkan argumen. Tetapi tidak semua definisi yang sama. Kebanyakan daftar teks logika ada lima jenis definisi yang mungkin digunakan orang. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa hal ini cukup baik  penyelesaian masalah, tapi tidak. Bahkan, ada asumsi bahwa masalah tersebut diselesaikan adalah bagian dari apa yang menimbulkan begitu sering perdebatan tentang sifat setiap definisi. Ini mungkin tampak aneh bahwa banyak tinta dan waktu yang dihabiskan untuk menuliskan sesuatu yang begitu mendasar bagi sebuah definisi, tapi kadang-kadang itu adalah yang paling dasar dari  konsep yang paling bermasalah.

       Mengapa penting membahas sifat definisi? Jika dua orang yang terlibat dalam  debat menggunakan jenis yang sama sekali berbeda dari definisi untuk istilah yang sama , mereka hanya mungkin berakhir berbicara melewati satu sama lain juga berbeda. Definisi seharusnya tidak harus diterima pada nilai nominal, tetapi menganalisis nilai dari definisi membutuhkan pemahaman seperti apa definisi yang kita  harapkan.

     Definisi mempunyai tugas untuk menentukan batas suatu pengertian dengan tepat, jelas dan singkat. Maksudnya menentukan batas-batas pengertian tertentu sehingga jelas apa yang dimaksud, tidak kabur dan tidak dicampur adukan dengan pengertian dan meri lain.

          Apa definisi ?

       Dalam semua kasus, definisi adalah setiap kelompok kata atau simbol dirancang untuk menjelaskan arti dari beberapa kata atau simbol lain. Definisi yang baik adalah  kalimat yang memajukan komunikasi dan pemahaman, sementara definisi yang buruk adalah kalimat yang menghambat atau setidaknya gagal untuk memajukan komunikasi atau pemahaman . Bahkan definisi buruk masih juga definisi, dan selama dalam perdebatan mungkin Kita akan menemukan definisi yang lebih buruk dari yang baik. Seperti kebanyakan filsuf mendefinisikan filsafatnya dan manusia lain mendefinisikan Tuhannya.

      Semua definisi terdiri dari dua bagian, pertama kata Oj (Objek yang dijelaskan atau ditunjuk). Kedua Kt (kalimat yang menjelaskan atau yang menunjukan). Oj (Objek yang dijelaskan atau ditunjuk) adalah kata, simbol apa saja, atau kelompok kata yang didefinisikan, Kemudian, yang dimaksud dengan Kt adalah kalimat yang menjelaskan atau yang menunjukan) adalah kata-kata apa pun yang digunakan untuk melakukan komunikasi penjelasan, penunjukan terhadap objek yang terkena definisi tersebut. Dengan demikian, pernyataannya dalam kalimat “definisi adalah kelompok kata atau simbol dirancang untuk menjelaskan arti  dan menunjukan materi dari kata/beberapa kata atau simbol.” Jadi Oj (Objek yang dijelaskan atau ditunjuk) adalah  kata atau simbol yang dijelaskan atau ditunjukkan oleh definisi ( Kt ).     Kt adalah segala  kata atau kalimat yang lain. Boleh juga dipahami Oj sebagai sebuah nama atau sebutan, sementara Kt sebagai sasaran perhatian.

Sangat diperlukan penunjukan kelompok bermain berwarna apa yang diteliti.

Sangat diperlukan penunjukan kelompok bermain berwarna apa yang diteliti.

    Apakah definisi menyampaikan informasi? Itu soal yang mendatangkan beberapa perdebatan. Ada filsuf yang berpendapat bahwa karena definisi adalah sebuah cara untuk menyatakan bahwa kata-kata yang ada dalam Kt (kalimat yang menjelaskan atau yang menunjukan). Kt dapat digantikan oleh kata yang ada dalam Oj (Objek yang dijelaskan atau ditunjuk), sesuatu yang baru dipelajari (pusat perhatian). Namun, yang lain berpendapat bahwa karena definisi membantu kita mengklarifikasi dan menjelaskan ide-ide, karena itu dengan definisi dapat membantu kita mengungkapkan kebenaran yang lebih filosofis tentang sifat dan lingkup, tidak hanya bahasa, tetapi juga konsep dan pikiran kita sendiri.

         Membicarakan sebuah definisi dalam sebuah argumentasi ada 5 tujuan membuat yang mungkin dapat dicapai, yaitu :

1. Menghilangkan kerancuan atau ambiguitas, karena dengan menggunakan suatu kata yang  tidak tepat sasaran nantinya akan mengakibatkan argumen yang dikeluarkan akan menjadi rancu.

2. Memperjelas arti suatu kata, dengan membuat definisi maka kita  tegas dalam menggunakan kata yang bersangkutan sehingga argumen yang dikeluarkan akan tepat dan dipercaya.  Dengan kata lain untuk menghilangkan bias.

3.  Definisi dibuat untuk menjelaskan teori yang didapat dari hasil penelitian yang telah dilakukan atau sebaliknya.

4.  Definis dibuat untuk mempengaruhi pikiran, perbuatan atau mengendalikan emosi seseorang.

5.  Manusia semakin berkembang dan diiringi pula oleh perkembangan kebutuhannya. Setiap kebutuhan itu akan terkait dengan penggunaan bahasa untuk mengkomunikasikannya. Karena bahasa merupakan suatu instrumen yang rumit dan ikut terus berkembang maka dimungkinkan satu kata akan berkembang mempunyai arti baru atau suatu fenomena akan menimbulkan suatu istilah baru yang memperkaya  kosa kata bahasa. Dengan kata lain defenisi juga berperan sebagai pemandu paradigma.

        Apa yang membedakan definisi yang baik dari yang buruk? Itu pertanyaan yang sulit dijawab, tetapi prinsip umum yang perlu diingat adalah bahwa hal itu banyak tergantung pada konteks (khususnya), apa tujuan dari definisi tersebut. Untuk menjawab “apakah definisi ini baik atau buruk,” pertama definisi harus dapat menjawab “apa yang kita capai dengan definisi ini ? ” Jadi kita harus memeriksa situasi tertentu di mana definisi diberikan dan jenis definisi  itu seharusnya .  Artinya kita memagar semua materi yang terkandung atau dilibatkan di dalamnya. Tidak ada materi lain yang berpengaruh didalamnya.

Iklan

Perihal Jalius. HR
[slideshow id=3386706919809935387&w=160&h=150] Rumahku dan anakku [slideshow id=3098476543665295876&w=400&h=350]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s